Membuat Line Follower dengan Arduino

Arduino sudah menjamah dunia mikrokontroler, hampir semua mulai mberalih menggunakan Arduino. Nah apasih arduino? Dapat di lihat di arduino.cc.

Langsung saja. Teori line follower dan penjelasan prinsip kerja ada pada postingan sebelumnya. apa saja yang dibutuhkan untuk membuat line follower menggunakan arduino? tentu saja Arduino sendiri. Kemudian rangkaian pendukung untuk membangun robot line follower. Sebenarnya rangkaian robot line follower sederhana saja. Hampir sama pada setiap robot yang ada hanya saja mikrokontroler diganti dengan Arduino.

Seperti di bawah ini sudah siap rangkaian yang tercetak pada PCB.

    

Rangkaian tersebut dapat dibuat sendiri ataupun membeli yang sudah ada disini.

Selanjutnya PCB dipasang komponen agar dapat bekerja. hehehe…. Komponen terdiri dari photodioda, led, ic, soket, pin header, pushbutton, dll.. sudah tertulis dan tercetak pada badan PCB kalau menggunakan PCB yang sudah siap.

   

Setelah terpasang seluruh komponen pada PCB, saatnya merakit dengan mekanik yang diinginkan dan tentunya jangan lupa memasang Arduino dan memrogramnya dengan program Line Follower yaa..

Namun jika malas untuk membuat dari awal ataupun memasang komponen, sudah ada sih PCB yang sudah siap untuk dijadikan Line Follower. bisa cek disini.

 

Oh iya PCB tersebut tidak hanya dapatdifungsikan menjadi Line follower saja. Namun support robot – robot yang menggunakan roda, servo, ultrasonic, bisa juga dipasang bluetooth dll..

Pokoknya bisa jadi Line Follower, Wall Follower, Robot remote bluetooth, Balanching Robot, Robot Pemindah barang.. banyak deh.. TOPBGT lah Arduino Robotic Shield. (y)

 

Berikut ini adalah hasil jadinya.. sudah diprogram dan siap dijalankan mengikuti track yang ada. dan tentunya jangan lupa memasang Power Supply alias baterai. hehe….

 

3 thoughts on “Membuat Line Follower dengan Arduino

Leave a comment