Membuat charger HP di motor/mobil

Setiap orang sekarang sangat terikat dengan gadget, salah satunya smartphone. Namun apa daya kalau namanya smartphone tidak ada sumber dayanya / tidak ada baterainya / baterai habis. Kan gak asik banget.

Untuk itu sangat dibutuhkan baterai yang berkapasitas besar untuk mendukung waktu penggunaan lebih lama. Namun sangat sulit untuk memperbesar kapasitas baterai pada smartphone sedangkan ukuran tempat baterai sudah disesuaikan dengan baterai jenisnya. Untung menjawab itu muncullah terobosan yaitu powerbank dengan menggunakan baterai cadangan untuk mengisi baterai dalam smartphone. Namun muncul masalah lain, yaitu powerbank juga butuh dicharge. Ya, powerbank sangat dibutuhkan untuk saat – saat yang penting dan mendesak saja. Sekarang muncul lagi powerbank dengan memanfaatkan kelistrikan sepeda motor/mobil yang menggunakan accu/aki sebagai baterai cadangan yang senantiasa dicharge saat mesin menyala/saat berkendara.

Nah, kita bisa membuat sendiri powerbank yang memanfaatkan accu/aki dari motor. Membuatnya gampang-gampang susah, harus telaten. Dengan menggunakan rangkaian yang bernama regulator step down, yang menurunkan tegangan dari accu/aki menjadi 5v sesuai charger smartphone. Rangkaiannya seperti berikut:

rangkaian

LM2576 harus yang 5V yaaa…

Langkah pembuatan :

  1. Siapkan komponen sesuai yang tertera pada gambar rangkaian. Komponen dapat dibeli di toko besi elektronik terdekat.
  2. Buatlah rangkaian pada papan PCB untuk mempermudah perakitan. Kalau tidak pakai PCB boleh juga, sesuai kreasi sendiri.. hehehe….
  3. Hubungkan tiap komponen pada PCB yang telah dibuat sesuai dengan gambar skema rangkaian.
  4. Cek, apakah ada yang salah atau tidak.
  5. Cek tegangan keluaran dengan multimeter pada port USB harus ±5V DC.
  6. Test pengisian dengan menggunakan smartphone/Handphone/HP.
  7. Buat box untuk mengemas rangkaian. kalau saya sih di-cor.. hehe

Kalian bisa menggunakan modul-modul seperti di bawah ini juga lho. tapi usahakan keluarannya 5V DC ya.. 😀

Hasil karya saya yang jadi dalam beberapa jam.. hehe

hasil lm2576

Grafik pengisian.

grafik

Grafik kenaikan yang sebelah kiri adalah pengisian dengan menggunakan charger bawaan HP, sedangkan grafik kenaikan sebelah kanan adalah pengisian dengan menggunakan charger buatan pada motor.

Sekian…. Selamat mencoba…. Risiko ditanggung sendiri…. hehehe.

Kalau saya sampai saat ini masih menggunakannya…

3 thoughts on “Membuat charger HP di motor/mobil

Leave a comment