JAM DIGITAL BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8

Exif_JPEG_420

Jam digital adalah alat untuk mengetahui waktu / jam dengan proses dan tampilan secara digital. Pada umumnya, jam digital menggunakan prinsip switching dan shift register. Mungkin terlihat seperti promisi.. hehehe, tapi gapapa lah :p.  Untuk saat ini saya akan membahas dengan prinsip switching / pensaklaran.

jam

Nah, dari gambar diatas, dapat dilihat data seven segment (A B C D E F G DP) disambungkan menjadi 1 semua. Namun pada common masing seven segment terpisah (1A 2A 3A 4A).

Prinsip kerja dari rangkaian diatas secara singkat adalah

1. semua seven segment dimatikan.

2. data seven segment 1 dikirim, seven segment 1 dinyalakan, delay, seven segment 1 dimatikan.

3. data seven segment 2 dikirim, seven segment 2 dinyalakan, delay, seven segment 2 dimatikan.

4. data seven segment 3 dikirim, seven segment 3 dinyalakan, delay, seven segment 3 dimatikan.

5. data seven segment 4 dikirim, seven segment 4 dinyalakan, delay, seven segment 4 dimatikan.

6. kembali ke langkah 2.

RTC (real time clock) digunakan sebagai penentu waktu dari jam itu sendiri. RTC akan terus bekerja selama mendapat suplay tegangan. Oleh sebab itu, pada RTC harus ter supply tegangan dari baterai agar jam dapat terus berjalan walaupun supply tegangan jam telah terputus (seperti jam pada komputer maupun jam laptop)

Sumber tegangan pada kurang lebih 3 volt dengan konsumsi arus hanya kecil sekali. Jadi, jika kita menggunakan baterai CMOS, baterai tersebut dapat bertahan bertahun tahun dengan sekali ganti.

Nah daripada dibahas satu per satu, kalian malas bacanya dan saya capek nulisnya. Silakan bisa download skema, simulasi, list program dan modul.

Download Skema, Simulasi, Program dan Modul.

Videonya…

Sekian…. jika kalian sudah menguasai, silakan dishare, tidak akan berkurang ilmu walaupun kalian terus bagikan ilmu itu..

Jangan lupa kunjungi juga di IndoBot Store. Terima kasih

8 thoughts on “JAM DIGITAL BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8

Leave a comment